Mengubah Foto Menjadi Lukisan

Posted by

Kali ini kita akan belajar mengenal teknik digital painting yang paling sederhana menggunakan Smudge Tool. Siapkan foto yang akan dirubah menjadi lukisan. Buka foto yang akan kita beri efek smudge painting di Photoshop dengan File > Open atau Ctrl+O. 

Langkah 1
Duplikat layer foto tersebut dengan menekan Ctrl+J di keyboard.


Klik layer foto yang paling atas atau yang baru saja di-duplicate. Kemudian klik Filter > Filter Gallery > pilih filter Paint Daubs, isikan nilai 1 pada Brush dan Sharpness 10, komposisi ini tidak baku, tergantung pada kualitas foto yang kita gunakan. 

Berikut adalah perbedaan sebelum dan sesudah diberi Paint Daubs.


Klik tombol Create New Fill or Adjustment Layer, atur level layer foto tersebut. Untuk menampilkan level box, pilih menu Image-Adjusment-Levels (Ctrl+L).

Selanjutnya atur color balance nya dengan pilih menu Image-Adjusment-Color Balance (Ctrl+B).

Dan inilah hasil yang kita dapatkan untuk sementara waktu.

Langkah 2: Proses menggosok bagian wajah
Setelah persiapan foto selesai, maka langkah selanjutnya ialah menggosok foto tersebut sesuai dengan pola dan alur gambar. Tahap ini adalah proses yang paling penting dalam efek smudge painting ini.

Aktifkan Smudge tool dengan brush jenis Spatter. Jenis brush ini sudah ada di dalam aplikasi photoshop karena brush tipe ini merupakan brush bawaan dari instalannya. Jika tidak menemukan brush tipe ini bisa didownload di internet dengan keyword smudge painting brush.


 Sapukan tool ini mengikuti pola atau bentuk dari bagian foto yang kita pilih, ukuran brush menyesuaikan.
 

Kita mulai dengan bagian alis model ini. Alur yang dimaksud sudah saya beri tanda panah merah


Sama seperti bagian alis mata, sapukan juga tool ini mengikuti bentuk wajah dan arah polanya.

Bagian pipi nya akan kita buat seperti ini.

Lanjutkan ke bagian wajah & badan yang lainnya. Usahakan agar arah sapuan tool Smudge mengikuti arah bentuk wajah, badan atau rambut. Akan lebih baik jika disapukan dari area terang ke arah area yang lebih gelap. Untuk sementara inilah hasil yang didapatkan:


 Untuk memberikan efek mengkilap yang lebih tajam, beri filter Smart Sharpen.
Klik menu Filter > Sharpen > Smart Sharpen. Atur komposisi filter ini seperti gambar dibawah.

Aktifkan kembali smudge painting dengan jenis spatter yang sama dengan strengh 8%. Dan mulailah menggosok Smudge Tool secara memutar untuk mendapatkan hasil yang lebih halus.


Langkah 9: Membuat background untuk smudge painting
 
Pada langkah ini kita akan membuat background untuk efek foto ini.
Seleksi foto menggunakan wand tool, kemudian balikkan seleksi menggunakan Select > Inverse. 

Untuk mendapatkan hasil seleksi yang lebih rapi, klik kanan seleksi dan pilih Refine Edge dan isikan seperti di bawah ini:

Buat layer baru dibawah layer foto, buat background kotak menggunakan Rectangle Tool dengan warna #f7cfc1.

Untuk menyamarkan seleksi yang kurang rata pada bagian rambut atas, buat layer baru di atas layer foto. Klik Brush Tool dan pilih warna yang sesuai dengan warna rambut, beserta ukuran yang sesuai. Sapukan pada area rambut yang masih terlihat berwarna putih.

Agar background lebih terlihat seperti lukisan, buat layer baru di atas layer Rectangle. Klik Brush Tool dan pilih warna yang sedikit lebih tua dari warna background. Sesuaikan ukuran, opacity dan pilih jenis brush yang seperti sapuan kuas. Kemudian, sapukan pada kanvas. Berikut adalah hasil akhir yang kita dapatkan.



Blog, Updated at: 01:52

2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. HaLo Sist / Bro Numpang Promosi yaaa, SiLahkan Ikut Bergabung bersama kita, dgn Layanan FuLL 24 Jam Nonstop Terus di Layanin OLeh Customer cantik & penuh dgn ramah Join, Line: Togelnonstop | WA: +6281314016020 | BBM: D844DAF dapatkan bonus 50% pendaftar pertama | Website: https://goo.gl/pWZRPF

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Popular Posts