Trik Untuk Memindahkan Nilai atau Data Dari Gambar atau PDF yang terkunci

Posted by

Kali ini saya berbagi untuk Bapak/Ibu Guru atau pegawai yang bertugas untuk melakukan rekapitulasi nilai Ujian Nasional /UN/ Biasanya dokumen yang diberikan dari Dinas Pendidikan Provinsi dalam bentuk print out yang ditandatangani secara resmi oleh Kepala Dinas.
Jika jumlah siswa berkisar antara 20 sampai 30 orang, mungkin masih dalam kewajara jika nilai tersebut dikutip satu persatu. Tapi jika jumlah peserta ujian di atas 200 orang, tentu tangan bisa rontok jika harus mengutip satu persatu nilai tersebut.

Jika menggunakan eksport atau konversi dari aplikasi acrobat pro, akansult juga, karena hasilnya dalam bentuk diskripse, dengan deretan angka. Padahal data yang kita perlukan data yang berurutan ke bawah dalam bentuk tabel.

Trik ini tidak terbatas untuk nilai ujian saja, tetapi bisa digunakan untuk semua data yang bersifat tabel, dengan sumber gambar atau pdf dimana kita perlu untuk memindahkannya dalam bentuk data Ms Excel atau spreedsheet lainnya.

Baiklah kita langsung saja pada langkah-langkahnya :
  1. Pertama-tama lakukan scan dokumen dengan scanner anda, simpan dalam bentuk pdf atau gambar. Jika fasilitas scanner anda memungkinkan bisa langsung menyimpan dalam bentuk image TIFF Format.
  2. Jika file anda berbantuk pdf silakan ubah file menjadi TIFF format, bisa menggunakan Acrobat Pro atau aplikasi lainnya.
  3. Demikian juga jika file dalam bentuk gambar silakan konversi menjadi TIFF Format bisa dengan menggunakan aplikasi yang mendukung, misalkan Adobe Photosop, atau yang paling mudah bisa Fastone Capture  atau aplikasi lainnya.
  4. FastoneCapture bisa anda download di http://www.iwanyasa.com/2017/02/membuat-video-pembelajaran-dengan.html 
Eksport pdf ke TIFF dengan Acrobat Pro

Save As gambar menjadi TIFF dengan FastoneCapture
Berikutnya silakan install Microsoft Office Document Imaging, aplikasi ini hanya ada pada Microsoft Office 2003. Jika anda menggunakan Microsoft Office taerbaru, bisa anda install Microsoft Office 2003, tetapi yang diinstall hanya Microsoft Tools saja, yang lain tidak perlu. Caranya , waktu install gunakan pilihan Costum Install, selanjutnya tidak perlu memilih aplikasi office apapun, Jadi Ms Word, Ms Excel, Ms Power Point, Ms Acces dll tdk perlu dicentang, nanti pada waktu install berlangsung maka yang terinstall hanya Ms Tools saja.


Jika sudah terinstall, sekarang kita bisa mengeksekusi nilai menjadi data excel, caranya :
  • Buka aplikasi melalui Start Menu, pilih Microsoft Tools, dan Microsoft Office Document Imaging
  • Buka file TIFF anda, kemudian buka juga lembar kerja Ms Excel kosong.
  • Pilih/blok data nilai dalam satu kolom (jangan dalam area range) dari file tiff, copy dan paste pada lembar sheet Ms Excel.
  • Demikian seterusnya sampai data sampai semua data tercopy.

Demikian dulu ya... semoga bermanfaat




Blog, Updated at: 21:26

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.