Mengaktifkan Macro Pada Ms Excel

Posted by

Apakah anda pernah bermasalah dengan pekerjaan dalam komputer yang harus dilakukan berulang-ulang? Misalkan anda harus mencopy suatu range dan diletakkan pada suatu sel tertentu, dah hal itu harus dilakukan berulang-ulang setiap ada data yang baru. Nah pekerjaan tersebut bisa dipermudah dengan fasilitas yang disebut macro.
Macro adalah sebuah sistem input otomatis yang merekam jejak Keyboard dan mouse. Macro biasanya digunakan untuk menggantikan rangkaian berulang tindakan mouse dan keyboard yang umum digunakan pada aplikasi-aplikasi yang saya sebutkan di atas. Ekstensi file dari Macro umumnya .mac. Konsep macro populer juga di kalangan Gamer MMORPG (Massively Multiplayer Online game Role-Playing) dan spesialis Search Engine Optimization (SEO)
Macro digunakan pada beberapa aplikasi Office semisal Microsoft Office, Adobe Photoshop, Corel Draw, AutoCad dan lain-lain
Dengan menggunakan Macro, pengguna dapat meringkas waktu pekerjaan yang biasa dikonsumsi untuk pekerjaan yang sama. Beberapa Macro seperti yang ada di Microsoft Excel juga mengandung Fungsi. Macro di Microsoft Excel dengan merekam jejak Mouse dan keyboard dengan menggunakan Macro Recorder, hasil rekaman macro akan tersimpan di Visual basic yang terdiri dari kode-kode. Kode-kode tersebut bisa disimpan di notepad, dan dijalankan kembali di lain waktu dengan menggunakan Macro dan VBA. Sebuah macro dapat dijalankan dengan hanya mengklik sebuah menu sebuah program, atau bisa juga dengan menggunakan Shortcut untuk menjalankan macro itu.
Pada dasarnya komputer kita berjalan dengan macro, jadi hal-hal yang kita lakukan di komputer pada dasarnya adalah menjalankan kode-kode yang diterjemahkan oleh software untuk menjadikan hal-hal tertentu. Dengan macro, pekerjaan akan menjadi semakin singkat dan aplikasi yang dibuatpun semakin menarik.
Kegunaan dari excel macro sendiri adalah
  • untuk otomatisasi proses (perhitungan, preview, cetak dan lain-lain)
  • untuk melaksanakan perintah-perintah dalam microsoft excel yang tidak bisa dibuat secara manual
Dalam Ms Excel macro banyak digunakan untuk merekam beberapa tindakan yang akan dilakukan berulang-ulang. Untuk bisa menjalankan macro maka aplikasi Ms Excel anda harus disetting agar fasilitas macro aktif.
Cara Untuk Mengaktifkan Macro Pada Ms Excel :
1. Klik Office button, klik Excel Options
2. Pada jendela Excel Options ; pilih Trust Center, kemudian Trust Center Setting
3. Pada jendela Trust Center; pilih Macro Setting, kemudian pilih Enable All Macros
4. Kemudian klik OK, dan OK lagi
Setelah macro diaktifkan maka Ms Excel anda siap untuk mengoperasikan file yang berekstensi . xlsm


Blog, Updated at: 04:52

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Contributors

Popular Posts