Belajar Membuat Macro Perintah Otomatis Pada Excel

Posted by

Salah satu fasilitas yang membantu untuk menggunakan aplikasi Ms Excel adalah macro. Macro adalah Sebuah fasilitas yang dimiliki Microsoft Excel yang dapat digunakan untuk merekam semua tindakan dan perintah yang dilakukan pada program Excel. Alat bantu yang digunakan dalam pembuatan perintah maupun perekaman Macro adalah dengan menggunakan Visual Basic Editor. Dengan fasilitas ini banyak hal bisa dilakukan terutama jika kita akan membuat suatu aplikasi meskipun yang sederhana. 

Aplikasinya macro bisa disisipkan pada gambar atau shape atau tombol tertentu yang di buat pada Ms Excel, sehingga saat di-klik gambar/shape tersebut maka macro akan berfungsi.

Cara Membuat Macro
Sebelum membuat file yang berisi macro, maka pada Ms Excel harus disetting agar macro-nya aktif caranya simak di Cara Mudah Mengaktifkan Macro Pada Ms. Excel

Berikut ini saya memberikan contoh untuk membuat macro:
Buka lembar kerja Ms Excel, kemudian buatlah tabel berikut ini, termasuk shape yang akan menjadi tombol eksekusi macro.




Macro yang akan dibuat adalah apabilai  tombol Isi Baru di-klik maka isi form akan kosong, jadi tidak perlu menghapus secara manual berulang-ulang, cukup sekali klik maka semua data form nota akan kosong.

Baik kita mulai, jika data di atas sudah anda buat sekarang langsung aja langkahnya :

  1. Klik kanan tombol Isi Baru
  2. Pilih Assign Macro
  3. Pada Jendela Assign Macro isi kolom nama macro pada kolom Macro Name , nama ini bebas, misalkan beri nama Isibaru ( nama macro tidak boleh menggunakan spasi)
  4. Pada bagian bawah di kolom Macros In, pilih This Workbook
  5. Selanjutnya klik Record
  6. Akan tampil jendera Record Macro, klik OK
  7. Sekarang kita melakukan langkah yang akan direkam, blok/pilih area/range B5:F14 kemudian tekan tombol Delete pada keyboard.
  8. Sekarang klik Menu View, pada toolbar Macros klik bagian bawah untuk menampilkan list.
  9. Pilih Stop Macro
  10. Selesai


Untuk menguji hasilnya silakan coba klik Tombol Isi Baru, lihat hasilnya.

Tutorial videonya bisa dilihat di https://youtu.be/DFYwvdw5EHU

Nah demikian contoh sederhana untuk membuat macro, cara ini bisa anda gunakan untuk langkah-langkah yang lebih panjang. Oke sekian dulu, jika ada pertanyaan, silakan komen.


Blog, Updated at: 05:00

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Contributors

Popular Posts