Memanfaatkan Drive Google Sebagai Media Pembelajaran

Posted by

Perkembangan teknologi yang semakin canggih serta fasilitas yang diberikan oleh google semakin mudah. Tentu saja bagi kita yang berprofesi sebagai pendidik harus memanfaatkan semua fasilitas ini dengan sebaik-baiknya. Kemudahan-kemudahan yang ada harus dimanfaatkan secara maksimal untuk mencapai hasil pembelajaran yang maksimal pula.
Dengan pesatnya teknologi informasi, para siswa sekarang semuanya ingin serba mudah dan instan, kita tidak bisa menahan derasnya laju perkembangan teknologi. Yang harus dilakukan adalah justru seperti seorang peselancar, bagaimana caranya memanfaatkan kencangnya laju teknologi informasi itu agar menjadikan diri kita pada posisi di atasnya, sehingga menjadi sesuatu yang menyenangkan dan tidak tergulung di dalamnya.

Saat ini google telah merajai dunia teknologi informasi dengan satu akun untuk berbagai pengguna situs dari email, youtube, sosial media sampai penyedia ruang penyimpanan dan masih banyak fasilitas lainnya.

Dari sekian banyak fasilitas yang ada, salah satu yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran adalah  Google Drive. Google Drive adalah salah satu layanan yang diberikan oleh google untuk menyediakan ruang penyimpanan berkas secara online, dan gratis tentunya dalam batas tertentu.
Disamping sebagai layanan penyimpanan berkas, Google Drive juga memberikan layanan lain seperti kertas kerja, dokumen, slide, form dan sebagainya. Untuk fungsi-fungsi ini akan saya bahas pada lain kesempatan.

Kali ini saya akan membahas bagaimana memanfaatkan layanan penyimpanan berkas drive google untuk media pembelajaran terutama berkaitan dengan pemberian materi pelajaran atau tugas kepada siswa atau pengumpulan tugas dari siswa kepada  guru. Layanan google drive jauh lebih baik jika dibandingkan dengan cara yang lain, seperti email atau melalui media sosial lainnya.

Kelemahan fasilitas email.
Sebenarnya email juga bisa bisa digunakan sebagai sarana untuk pengiriman materi pelajaran ataupun tugas oleh siswa ke guru, tetapi beberapa kelemahannya yaitu :
email biasanya akan menampung segala informasi dari berbagai sumber baik yang dikirim secara manual ataupun oleh otomatis oleh pengirim, sehingga jika guru mengirimkan tugas/materi kepada siswa atau sebaliknya siswa mengirimkan tugas yang diselesaikan kepada guru, maka berkas tersebut akan tercampur dengan banyaknya surat-surat elektronik lainnya yang masuk. Sehingga menyulitkan identifikasi khusus berkaitan dengan pembelajaran.
Karena email yang masuk tidak teridentifikasi dengan jelas, maka untuk mengelompokkan tugas-tugas siswa menjadi sulit.

Kelemahan Sosial Media.
Sosial media sebenarnya juga bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran, terutama jika dibuatkan grup-grup seperti grup facebook, grup massanger, grup WhatsApp, grup Line, grup PlusGoogle dan lain-lainnya. Untuk penyampaian informasi mungkin grup sosial media ini lebih efektif, tapi jika berkaitan dengan pengembalian/pengumpulan tugas kurag efektif, karena penggunggahan dokumen oleh setiap siswa akan dapat diketahui dan bisa diunduh oleh anggota grup yang lain, sehingga kemungkinan akan terjadi plagiat.

Kelebihan Google Drive.
  • Penyampaian materi pembelajaran ataupun tugas kepada peserta didik bisa secara langsung diterima oleh sasaran yang dituju. Artinya jika kita mengirimkan tugas kepada sekelompok siswa maka kelompok yang lain yang tidak berkepentingan tidak akan bisa mengakses.
  • Itu juga artinya jika kita menginginkan ada siswa yang tidak boleh lagi mengakses materi yang diberikan bisa dikeluarkan.
  • Materi bisa dalam bentuk file yang dapat diunduh ataupun juga berbentuk tampilan yang bisa dibaca secara online tanpa perlu membuat web atau blog
  • Dalam hal pengumpulan tugas, semua tugas yang dikirimkan oleh siswa akan teridentifikasi secara jelas, dan dapat dikelompokkan dengan mudah. Serta yang lebih penting lagi setiap siswa hanya  dapat mengakses tugasnya sendiri. Artinya siswa lain tidak akan bisa melihat ataupun mengunduh tugas temannya tanpa ijin.

Persiapan
Untuk bisa memanfaatkan drive google tentu saja syaratnya guru dan semua siswa harus memiliki akun @Gmail 

Mengelola Drive Google untuk Materi Pelajaran
  1. Login terlebih dahulu melalui akun @gmail anda
  2. Buka halaman https://drive.google.com , maka akan tampil halaman drive anda. Pengelolaannya sama persis seperti anda mengelola drive dan folder di laptop/pc.
  3. Jika anda memiliki beberapa kelas binaan yang berbeda dengan materi berbeda, anda bisa membuat folder tersendiri. Misalkan untuk materi kelas A buatlah folder Materi Kelas A, dan juga Folder Materi Kelas B untuk kelas lainnya.


Membuat Folder
  1. Cara membuat folder sangat mudah klik New/Baru di bagian kiri atas, pilih Folder Baru/New Folder. Atau bisa juga klik kanan area drive kemudian pilih New Folder/Folder Baru.
  2. Kemudian isi nama folder, kemudian klik OK




Upload Materi Pelajaran atau Tugas
  1. Jika folder sudah siap kita bisa mengunggah materi pelajaran atau tugas dalam folder yang akan disampaikan kepada siswa, caranya :
  2. Masuk ke dalam folder yang telah dibuat dengan klik dua kali cepat sehingga folder terbuka
  3. Klik New/Baru di bagian kiri atas, pilih Upload File/Unggah File. Atau bisa juga klik kanan dalam area drive kemudian pilih Upload File/Unggah file
  4. Pilih file yang akan diunggah, kemudian klik Open. Tunggu beberapa saat hingga proses unggah selesai.

Sharing Folder/File
  1. Jika File sudah diunggah tahap selanjutnya adalah melakukan share kepada siswa. Ada dua pilihan yaitu share folder atau share file.
  2. Jika share folder maka semua file yang sudah diunggah ataupun akan diunggah belakangan akan dapat diakses oleh siswa.
  3. Jika share file, maka yang dapat diakses siswa hanyalah file yang dishare, yang tidak dishare tidak dapat diakses.
  4. Dari penjeasan tersebut sekarang tergantung kebutuhan apakah share folder atau share file.
  5. Cara share adalah :

  • Klik kanan Folder/file, kemudian pilih Share/Bagikan.
  • Setelah muncul tampilan bagikan dengan orang lain , klik Dapatkan tautan yang bisa dibagikan
  • Isi alamat email penerima (siswa)
  • Klik Kirim





Cara mengakses/membuka Folder/File yang Dishare
Jika sudah dibagikan, siswa dapat mengakses/membuka file/folder pada drive google masing-masing, caranya :
  1. Setiap siswa login akun @gmail sendiri-sendiri
  2. Buka halaman https://drive.google.com
  3. Klik Menu Dibagikan dengan saya/Share With Me, maka file atau folder yg dibagikan akan tampil di bagian kanan




Demikian juga jika siswa akan mengirimkan tugas yang sudah dikerjakan, mereka bisa upload file pada drive google masing-masing, kemudian share/dibagikan kepada email guru.
Selanjutnya guru tinggal membuka drive pada menu Dibagikan dengan saya/Share with me

Demikian dulu, jika ada petanyaan atau masukan silakan komen.

Blog, Updated at: Tuesday, March 21, 2017

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Belajar MYOB Lengkap



DOLLAR GRATIS
Manfaatkan blog anda untuk mendapatkan dollar gratis setiap hari. terbukti membayar KLIK DISINI

Investasi E-dinar Cryptocurrency bertumbuh sendiri setiap bulan
Profit 21 Persen Per Bulan atau 0.65% Per Hari COMPOUNDED! Hanya Membeli E-Dinar Coin Saja Tidak Perlu Melakukan Apapun
Daftar Klik DISINI
Penjelasannya baca di sini



Kwitansi Excel
Bagi anda praktisi pembukuan yang mengalami kesulitan dalam mendesain kwitansi dimana bila anda mengentri suatu nilai maka secara otomatis transkrip atau terjemahan dalam bentuk teks akan muncul. Kami menyediakan file dalam ms. Excel praktis dan mudah dimanfaatkan. Mau coba? bisa download gratis DISINI

Popular Posts

Search This Blog