Membuat Akun Perusahaan Manufaktur Pada MYOB

Posted by

Membuka Program MYOB Accounting v18 

Ada beberapa cara untuk membuka program MYOB Accounting vlS dengan Windows Vista: 
1. Dan menu Task Bar Windows: 
a. Buka menu Start di Windows  
b. Pilih All Programs  
c. Pilih MYOBAccountingvl8  
d. Pilih +MYOB Accounting v18+ 
2. Dan Desktop Windows, double klik ikon MYOB Accounting v18 atau MYOB Premier v12. 


Membuat File Baru 
  • Setelah menu Welcome to MYOB Accounting terbuka. klik Create a new company file untuk membuat file baru di MYOB. 
  • Ditampilkan menu pembuka pembuatan file baru. Klik <Next>. 


Gambar 2.7 Introduction saat Pembuatan File Baru di MYOB 


  • Company Information: 
  1. Isikan nama perusahaan. 
  2. UEN (Unique Entity Number) Type : pilih Local Company. 
  3. GST (General & Service Tax/NPPKP) : isikan nomor pokok pengusaha kena pajak atau NPWP, 
  4. isikan alamat perusahaan. nomor telepon, nomor fax dan email (jika ada). 
  5. Klik Next>. 


Gambar 2.10 Konfirmasi Tentang pilihan  Periode yang Telah Ditetapkan 

Accounts List: pilihan jenis akun yang akan digunakan. 
  • Pilihan untuk memilih salah satu type akun yang sudah disediakan oleh MYOB. 
  • Pilihan untuk melakukan impor sendiri daftar akun yang sudah disiapkan oleh konsultanatau akuntan kita.
  • Pilihan untuk mernbuat sendiri daftar akun yang diinginkan. 
  • KIik Next> 


Company File : pemberitahuan tentang alamat file (directory. folder dan nama file) akan ditempatkan oleh sistim MYOB. Jika kita menginginkan tempat tersendiri, klik tombol Change. lalu pilih direktori dan folder yang diinginkan. dan ketik pula nama perusahaan yang di inginkan. Klik Next>. Proses pembuatan file baru akan dilakukan oleh MYOB. Klik Command Centre. 

Menyusun Daftar Akun 
Tahapan berikutnya adalah membuat daftar akun yang akan digunakan sebagai tempat posting setiap transaksi didalam laporan keuangan. 
MYOB membagi akun dalam 2 bagian: 
  1. Header yaitu akun yang digunakan sebagai total dan suatu kelompok akun yang disebut dengan akun.
  2. Detail yaitu akun yang merupakan bagian dan akun Header tetapi yang akan digunakan sebagai pos penampung suatu transaksi yang disebut dengan akun dengan kelompok. Akun tipe Detail inilah yang akan digunakan sebagai penampung buku besar. 


MYOB membagi tipe akun dalam beberapa kelompok kelompoknya. Berikut ini  dijelaskan satu persatu dan fungsi akun tersebut: 


Membuka Menu Daftar Akun 
Untuk membuat daftar akun bisa dilakukan dan beberapa cara: 
1. Dari Command Center 
  • Buka menu Command Centre. 
  • Pilih Accounts. pilih dan klik Account List 

2. Dari menu Utama: 
  • Pilih dan klik menu Ust, pilih AccOunts. 



Menghapus Akun yang Sudah Ada 
Akun yang tidak bisa dihapus di dalam MYOB adalah:

  1. Akun yang sudah pernah digunakan untuk mencatat suatu transaksi, tidak terhubung dengan linked account yang ditentukan dari menu Setup - Linked Account. 
  2. Terhubung dengan linked Account di kode pajak dan terhubung dengan linked account di kode item barang dan jasa. 

Untuk menghapus akun tersebut cukup mudah caranya: 

  • Buka akun yang akan dihapus, dengan cara double klik akun yang bersangkutam, atau klik anak panah putih (sebelah kin). 
  • Lalu klik menu Edit (menu utama) lalu pilih Delete Account. 
Cara lain untuk menghapus account yang tidak digunakan

  • Buka menu Setup. pillh Easy Setup Assistant, lalu klik Accounts. 
  • Klik Accounts Lists. 
  • Sorot akun yang akan dihapus, tekan tombol Delete (tombol d bawah menu tersebut)

Mengganti Akun yang Sudah Ada 
MYOB telah menyediakan akun yang sudah langsung ada saat kita membuat data file perusahaan baru. Akun tersebut sudah disediakar otomatis dan akun tersebut yang nantinya akan digunakan MYOB sebaga default untuk transaksi yang sifatnya pasti ada diperusahaan. 
Akun tersebut ada yang bisa dihapus dan yang tidak bisa dihapus. Akun yang tidak bisa dihapus bisa ganti ke nomor dan nama lain. 
Akun yang sudah disediakan tersebut adalah: 

  1. General Cheque Account : akun ini sama sifatnya dengan KAS Sebagai default untuk mencatat transaksi penerimaan kas dan pengeluaran kas. Akun in tidak bisa dihapus, hanya bisa diganti ke nomor dan nama lain. 
  2. Undeposited Funds : akun ini digunakan sebagai akun temporer (sementara) saat kita menerima pembayaran dan pelanggan berupa cek/giro yang belum jatuh tempo. Saat penerimaan cek/giro tersebut akan dicatat mengurangi piutang tetapi belum menjadi kas. Akun ini tidak bisa dihapus. hanya bisa diganti ke nomor dan nama lain. 
  3. Trade Debtors : Piutang Usaha. akun mi digunakan untuk menampung transaksi penjualan kepada para pelanggan. Akun mi tidak bisa dihapus. hanya bisa diganti ke nomor dan nama lain. 
  4. Trade Creditors Utang Usaha. akun mi digunakan untuk menampung transaksi pembelian pada para pemasok. Akun mi tidak bisa dihapus. hanya bisa diganti ke nomor dan iiama lain. 
  5. GST Liabilities : di Indonesia akun ml sama saja dengan Utang Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 
  6. GST Collected : PPN Keluaran. akun ni digunakan untuk menampung transa ksi penjualan yang dikenakan PPN 
  7. GST Paid : PPN Masukan. akun mi digunakan untuk menampung transaksi pembelian yang dikenakan PPN yang bisa di kreditkan. 
  8. Sales Tax Payable : Pajak Penjualan. akun mi digunakan untuk menampung transaksi penjualan yang dikenakan PPN selain PPN standard (tidak bisa di kreditkan). 
  9. Import Duty Payable : Utang Pajak Impor untuk menampung transaksi pembelian dan penjualan yang dikenakan Pajak Impor. 
  10. Paid Up Capital : Modal Disetor. akun mm digunakan untuk menampung setoran modal pemegang saham atau pemilik perusahaan. 
  11. Retained Earnings : Laba Ditahan. akun mi digunakan sebagai penampung laba periode berjalan setelah suatu file ditutup buku tahunan. Semua laba/rugi periode berjalan akan dipindahkan ke akun Retained Earning mi saat proses tutup buku dilakukan Akun mi tidak bisa dihapus. hanya bisa diganti ke nonior dan nama lain. Untuk perusahaan perorangan Retained Earning iiii diganti dengan Modal Pemilik Untuk Koperasi Retained Earning mi diganti dengan Sisa Hasil Usaha. 
  12. Current Year Earnings : Laba Periode Berjalan. akun ini akan digunakan sebagai penampung Iaba/rugi periode berjalan. Selisih pendapatan, harga pokok dan beban daIam satu periode akan ditampung dalam akun Current Earning, dan nilainya akan ditampilkan pada posisi Neraca di sebelah Equity (Ekuitas). Akun ini tidak bisa dihapus, hanya bisa diganti ke nomor dan nama lain. 
  13. Historical Balancing Account : Saldo Histori Awal. akun ini akan digunakan sebagai penyeimbang saldo awal yang dimasukkan ke neraca. Jika neraca awal yang kita masukkan dari menu Setup — Balance — Account Opening Balance ada selisih antara Harta, Utang dan Modal maka selisih akun tersebut akan dimasukkan ke akun Historical Balancing ini. Karena prinsip akuntansi adalah harus balance setiap transaksi. Akun ini tidak bisa dihapus, hanya bisa diganti ke nomor dan tiama lain. 
  14. Freight Collected : Pendapatan Angkutan. akun ini untuk menampung pendapatan dan tagihan biaya angkutan kepada pembeli. 
  15. Late Fees Collected : Pendapatan Denda, akun ini untuk menampung denda (bunga) yang dibebankan ke pelanggan dikarenakan terlambat membayar utangnya atau biaya tambahan lainnya saat pembayaran utang tersebut, seperti biaya transfer dan lainnnya. 
  16. Discount Given : Potongan Penjualan, akun ini untuk menampung potongan yang diberikan kepada pembeli saat membayar utangnya lebih cepat dan waktu yang ditentukan. 
  17. Bank Charges: Biaya administrasi bank. 
  18. Discount Taken : Potongan Pembelian, akun mi untuk mencatat potongan yang kita peroleh dikarerakan kita nembayar tagihan (utang) lebih cepat dan waktu yang ditentukan. 
  19. Freight Paid : Biaya Angkutan Pembelian, akun mi untuk melicatat tagihan biaya angkutan can penjualan atas kiriman barang yang Rita pesan. 
  20. Late Fees Paid : Beban Denda, akun untuk menanpung nilai charge oleh supplier karena kita membayar utang lebih lama dan yang clitentukan seperti bunga atau biaya administrasi laiinya. 
  21. Wages Salaries : Beban Gaji, akun mi digunakan untuk menampung gaji karyawan. Akun inibisa dihapus. 
  22. Other Employer Expense : Beban upah Lainnya, akun ini digunakan untuk menarnpung gaji/upah karyawan selain gaji yang sudah dicatat ke akun Wages Salaries. Akun ini bisa dihapus. 
Untuk mengganti akun yang tidak bisa dihapus cukup mudah caranya. Tinggal double klik akun yang akan diganti tersebut, atau klik sekali pada tanda anak arah putih disebelah kiri akun tersebut. atau bisa juga dengan meletakkan baris kursor pada akun tersebut lalu klik tombol Edit. Setelah terbuka window akun tersebut tinggal ganti nomor akun dan namanya

Membuat Daftar Akun Header 
beberapa pilihan 
o Asset 
o Liability 
o Equity 
o Income 
o Cost of Sales 
o Expense 
o Other Income 
o Other Expense 

Membuat Akun Baru (Header) 
• Setelah terbuka window Accounts List, klik tombol New. 
• Pilih tipe akun Header, 

Membuat Account Detail 
Untuk membuat kelompok akun Detail, anda tinggal memilih type akun di window Account List tersebut, lalu ketikkan nomor akun dan nama akunnya. Selanjutnya klik tombol New untuk meneruskan pembuatan akun yang lain. Untuk mengimport akun. silahkan buka 

Blog, Updated at: Saturday, August 20, 2016

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Belajar MYOB Lengkap



DOLLAR GRATIS
Manfaatkan blog anda untuk mendapatkan dollar gratis setiap hari. terbukti membayar KLIK DISINI

Investasi E-dinar Cryptocurrency bertumbuh sendiri setiap bulan
Profit 21 Persen Per Bulan atau 0.65% Per Hari COMPOUNDED! Hanya Membeli E-Dinar Coin Saja Tidak Perlu Melakukan Apapun
Daftar Klik DISINI
Penjelasannya baca di sini



Kwitansi Excel
Bagi anda praktisi pembukuan yang mengalami kesulitan dalam mendesain kwitansi dimana bila anda mengentri suatu nilai maka secara otomatis transkrip atau terjemahan dalam bentuk teks akan muncul. Kami menyediakan file dalam ms. Excel praktis dan mudah dimanfaatkan. Mau coba? bisa download gratis DISINI

Popular Posts

Search This Blog