Cara Setting Regional and Language Pada Windows

Posted by

Secara default setelah installasi maka windows disetting dengan format internasional yaitu English (United Statis). Secara sekilas ini tidak ada masalah, tetapi jika anda menggunakan aplikasi Ms Excel, maka settingan ini akan anyak sekali pengaruhnya.
Pengaruh tersebut terutama berkaitan dengan format dan penulisan formula.

Dalam setting internasional maka Formatnya adalah :
  • Angka : sparatorya adalah koma (,) dan desimalnya adalah titik (.). Contohnya jika anda menulis nilai akan tampil seperti $8,750.88 ( delapan ribu tujuh ratus lima puluh dollar delapan puluh delapan sen)
  • Mata uang : untuk format Accounting atau Curency yang tampil adalah simbol dollar, contoh $5,000 (lima ribu dollar)
  • Tanggal : untuk format internasional adalah mm/dd/yy artinya ditulis bulan dulu, baru hari/tanggal dan tahun. Jadi jika kita akan menulis tanggal 15 Februari 2016 , maka dalam ms excel harus ditulis 2/15/2016
  • Formula ; ini yang sering menjadi masalah, yaitu jika kita menulis suatu formula/rumus, maka separatornya menggunakan koma (,). Contohnya =Vlookup(A6,$C$1:$E$11,2)


Sedangkan jika kita menggunakan Format Region dan Language Indonesia , maka akan memiliki tampilan yang berbeda, yaitu :
  • Angka : sparatorya adalah titik (.) dan desimalnya adalah koma (,). Contohnya jika anda menulis nilai akan tampil seperti Rp8.750,88 ( delapan ribu tujuh ratus lima puluh rupiah delapan puluh delapan sen)
  • Mata uang : untuk format Accounting atau Curency yang tampil adalah simbol rupiah, contoh  Rp 5.000 (lima ribu rupiah)
  • Tanggal : untuk format Indonesia adalah dd/mm/yy artinya ditulis tanggal/hari dulu, baru bulan dan tahun. Jadi jika kita akan menulis tanggal 15 Februari 2016 , maka dalam ms excel ditulis 15/2/2016
  • Formula ; separatornya menggunakan titik koma (;). Contohnya =Vlookup(A6;$C$1:$E$11;2)


Setelah mengenal perbedaan settingan tersebut sekarang tergantung keutuhan anda, tapi kalau ingin mengubah settingannya berikut ini caranya :

Mengubah setting
Mengubah setting dari international/ English ( United States ) menjadi setting Regional and Language Options dilakukan dengan cara :

Klik Start, kemudian Control Panel
Selanjutnya pilih Clock, Language, and Reginiol Options


Pada Jendela Regional and Language Options pada kolom pilihan format  pilih Indonesian.
Selanjutnya klik OK, maka setting regional sudah menjadi Indonesia


Selesai. Nah Mudah Bukan?




Blog, Updated at: Thursday, August 11, 2016

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Belajar MYOB Lengkap



DOLLAR GRATIS
Manfaatkan blog anda untuk mendapatkan dollar gratis setiap hari. terbukti membayar KLIK DISINI

Investasi E-dinar Cryptocurrency bertumbuh sendiri setiap bulan
Profit 21 Persen Per Bulan atau 0.65% Per Hari COMPOUNDED! Hanya Membeli E-Dinar Coin Saja Tidak Perlu Melakukan Apapun
Daftar Klik DISINI
Penjelasannya baca di sini



Kwitansi Excel
Bagi anda praktisi pembukuan yang mengalami kesulitan dalam mendesain kwitansi dimana bila anda mengentri suatu nilai maka secara otomatis transkrip atau terjemahan dalam bentuk teks akan muncul. Kami menyediakan file dalam ms. Excel praktis dan mudah dimanfaatkan. Mau coba? bisa download gratis DISINI

Popular Posts

Search This Blog