Formula Mengubah Nilai Ms Excel Menjadi Teks

Posted by

Beberapa hari ini kegiatan saya cukup padat, sehingga tidak sempat menulis artikel lagi. Kali ini saya benar-benar kangen untuk menulis di blog kesayangan ini. Meskipun masih sibuk dengan pekerjaan saya sempatkan menulis sekedar untuk menghilangkan kejenuhan.
Meskipun tulisan ini sebagai selingan kegiatan tetapi mungkin saja diantara sekian pembaca memerlukan tips ini , judulnya Mengubah Nilai Ms Excel Menjadi Teks.
Biasanya ini diperlukan jika anda akan mencetak sertifikat, ijazah atau transkrip nilai yang berkaitan dengan tabel Ms Excel kemudian akan dicetak melalui Ms Word dengan fasilitas Mail Merge. 
Formula ini diperlukan terutama jika anda memerlukan tabel di MS Excel yang akan di Mail Merge melalui Ms Word. Jika nilai di Ms Excel masih formatnya Value, maka jika di tampilkan melalui Ms Word ( dalam Mail Merge ) akan tampil angka dengan desimal yang panjang meskipun di dalam sel Ms Excel sudah diformat untuk 2 (dua) desimal.
Demikian juga jika nilai di Ms Excel sudah diformat dua desimal, misalkan 8,50 , tapi jika di tampilkan dalam Ms Word dengan Mail Merge akan menjadi 8,5.
Ada suatu langkah sederhana untuk menampilkan data dari Ms Excel pada Ms Word dengan fasilitas Mail Merge agar sesuai dengan keinginan.
Formula ini biasanya digunakan untuk membuat Daftar Nilai Siswa yang bersumber dari tabel Ms Excel dan ditampilkan untuk dicetak/print pada Ms Word melalui Mail Merge.

contoh : tabel dalam Ms Excel
Gambar. 1

Tampilan dalam ms Word dengan mail merge :

Gambar. 2.


Perhatikan Gambar 1 di atas, data asli dari Ms Excel tampilan formatnya 2 desimal, tetapi tampil di Ms Word banyak desimal, dan yang nilai angka bulat ( 80,00 ) tampil di Ms Word menjadi 80 , tanpa desimal.

Agar tampilan di Ms Word menjadi seragam, misalkan menjadi nilai dengan 2 (dua) desimal , maka nilai di Ms Excel harus diubah menjadi teks dengan dua digit di belakang koma.

Untuk ini kita menggunakan formula FIXED.
Caranya;
Coba buat tabel di Ms Excel sebagai berikut :

Letakkan kursor pada sel F2, kemudian tulis Formula berikut :
=FIXED(B2;0) 


Selanjutnya copy formula sel F2 untuk range E2:I6. , selanjutnya isi judul kolom dengan ditambahkan angka 1 atau sesuai keinginan anda. Simpan file kembali.

Jika anda menampilkan nilai tersebut dalam Ms Word dengan fasilitas Mail Merge maka akan tampak sebagai berikut :


Oke , demikian dulu untuk hari ini, semoga bermanfaat, jika anda memerlukan trik lain yang berkaitan dengan Ms Excel silakan komen ya.

Blog, Updated at: Friday, July 22, 2016

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Belajar MYOB Lengkap



DOLLAR GRATIS
Manfaatkan blog anda untuk mendapatkan dollar gratis setiap hari. terbukti membayar KLIK DISINI

Investasi E-dinar Cryptocurrency bertumbuh sendiri setiap bulan
Profit 21 Persen Per Bulan atau 0.65% Per Hari COMPOUNDED! Hanya Membeli E-Dinar Coin Saja Tidak Perlu Melakukan Apapun
Daftar Klik DISINI
Penjelasannya baca di sini



Kwitansi Excel
Bagi anda praktisi pembukuan yang mengalami kesulitan dalam mendesain kwitansi dimana bila anda mengentri suatu nilai maka secara otomatis transkrip atau terjemahan dalam bentuk teks akan muncul. Kami menyediakan file dalam ms. Excel praktis dan mudah dimanfaatkan. Mau coba? bisa download gratis DISINI

Popular Posts

Search This Blog